Uncategorized

Ukulele ada klasifikasinya?


Melihat keadaan di group ukulele selama 2 tahun membuat saya berpikir kalau peng-klasifikasian ukulele di Indonesia sangatlah penting. To be honest, dunia per-ukulelean di Indonesia akan jauh berbeda dengan dunia ukulele di negara lain atau komunitas ukulele lainya. Ada dua faktor “kental” yang membuat berbeda yaitu Kebudayaan dan Kultur.

Singkat cerita, para pedagang Portugis datang ke Indonesia pada abad ke 16 dengan membawa alat musik kecil. Merambahlah alat musik itu ke Jawa dan sekitaranya. Merasa tidak sesuai dengan tangga nada Barat, Javanese pun mencoba memainkanya dengan tangga nada jawa (seperti digamelan). Seiring perkembangan jaman, lahirlah musik Keroncong yang seperti sekarang ini. Tentu saja sudah mengalami beberapa perubahan. Dan itulah kenapa faktor kebudyaan sangat berpengaruh.

Lalu bagaimana dengan Kultur?Ā Lihatlah di jalanan. Anak – anak berpakaian Punk Rock yang memainkan lagu mellow dengan Ukulele bertebaran dimana – mana. Mengais rejeki dengan memainkan Ukulele sederhana dengan senar raket, car to car, bus to bus.

Kedua hal itu menjadi suatu signature dimata masyarakat Indonesia : Ukulele ya keroncong, Ukulele ya pengamen.Ā Itulah image yang Ā harus diubah. Dengan bahasa yang gampang : masih banyak yang under-estimate. Padahal sebenarnya di Indonesia ini bisa dibilang ada 3 Jenis Ukulele : Jawa, Pengamen, Hawaii. Ukulele ga cuma keroncong, ga cuma pengamen, ga cuma Hawaii. Ukulele di Indonesia : LUAS.

Banyaknya pertanyaan yang campur aduk tentang ketiga ukulele tersebut dalam satu wadah yang pretty much membuat saya bingung harus diatasi dengan adanya klasifikasi. Mungkin ada teman – teman yang jago Keroncong bisa jawab. Kita buat semacam divisi hehe. Dan juga agar sesama jenis mengenal satu sama lain.

Kita berharap dengan adanya komunitas ini, masing – masing individu dapat menemukan kesenangan dan ketentraman dengan mengencrung Ukulele. Well, the world is goin to blown soon anyway :p haha

Maaf jika tidak runtun, verbal saya kacau malam ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s