Music, Review

Billie The Vision & The Dancers


Billie The Vision & The Dancers

Unique, catchy, simple. Those three words desrcribe them. Adalah band indie pop asal Swedia yang paling saya favouritekan diantara yang lainya. Saya dibius Billie The Vision oleh teman saya dari Jakarta ketika masih jaman – jamanya saya dan dia mainan Ukulele via Youtube, sekitar 2 tahun lah. Coba lihat apa yang unik? pakaian yang mereka kenakan “agak menor” (dimata saya), seperti saat menghadiri Mardi Gras di New Jersey. Dan tentu saja sang vokalis Lars Lindquist yang selalu mengenakan pakaian wanita diatas panggung.

Lars Lindquist, i'm a fan ūüėÄ

Yup, dia hanya mengenakan singlet “jeroan” (aduh bahasanya), dan stocking. Satu hal yang harus anda tau : dia tidak gay. Dia punya istri dan 1 anak kecil yang imut nan lucu gitu deh cyiin. Oh yes, he’s big and tall, tidak setinggi Erlend Oye tapi deket lah. I’m a fan, tapi engga lah untuk ikut – ikutan,hehe. Satu yang saya tahu, dia adalah fans berat Zlatan Ibrahimovic.

Sejauh ini mereka sudah mengeluarkan 5 full length album yang (tadinya) bisa di download gratis di bandcamp mereka. Beberapa waktu lalu memang dikatakan kalau account bandcamp mereka ada masalah, jadi sementara ini album Рalbum mereka tidak bisa di download secara gratis (konspirasikah?). Dan tentunya segalanya serba DIY mulai dari rekaman,distribusi,dan publish dkk dikerjakan oleh label yang dibuat oleh lars Lindquist, Love Will Pay the Bills.

“Summercat”, satu lagu dimana memiliki daya medan magnet kuat yang disebut¬†love at first sight, sampai – sampai saya dan rebet cover ini untuk singles kita di SeaIndie¬†. Pertama kali dengar saya langsung copot baju saya (engga juga sih). Then i listened the whole record, album pertama mereka yang berjudul “I Was So Unpopular In School and Now They’re Giving Me This Beautiful Bicycle”. Track – track lainya yang bagus di album ini seperti “Nobel Square”, “Ask for More”, “Stay Awake” sangat cocok menemani anda dalam road trip menuju suatu tempat indah saat liburan. It’s like there’s sunshine in the afternoon. Sangat santai, tidak terlalu gedumbrang – gedumbreng, atau reverb yang extra seperti Indie Pop pada umumnya. Dan tentunya track gitar acoustic dan percussion yang membuatnya terkesan santai dan relax.

Tapi diantara 5 album itu, album ketiga mereka yang paling saya suka, “Where The Ocean Meets My Hand”. Mellow sekali? Iya, overall album – album mereka, inilah yang ter-galau. Tracks favourite saya di album ini “Scared”, “Damaging this Apartment”, “Stick To You” menstimulasi otak anda untuk menjadi sosok yang sedang dilanda desperate tingkat akut. Tapi bagi saya yang tergalau adalah “I’m on The Road”. Secara lirik, lagu itu menggambarkan band ini sedang istirahat di bus tour dan dalam perjalanan tour yang panjang.

“What would have happened if¬†I’d¬†never asked you. To¬†play in this band¬†with me? I don’t know what I’d do without you”

Yes,itu lirik yang membuat saya lumayan galau. Gimana kalau misal saya ga kenal Rebet atau Dea? Mungkin The Pleasant Drink of United Ink tidak akan selesai.

Ah haha, curcol cyiinn. Balik lagi. Penulisan lirik lagu – lagu mereka dengan Descriptive & Narative. ¬†Menceritakan sebuah suasana yang berbeda – beda disetiap lagunya. Tapi disetiap album selalu ada lirik yang mirip. Mereka selalu menggunakan subjek bernama Lily, Pablo,Jessica dll. Terutama Pablo dan Lily. Tadinya saya menduga kalau mereka personil mereka, ternyata setelah saya cek, ga ada yang namanya Lily Pablo Jessica. Entahlah siapa mereka, atau mereka cuma sebagai nama pengganti personilnya? ¬†Mungkin, tapi sepertinya tidak. Ada satu album mereka yang berjudul “The World According to Pablo” which menurut saya satu album hanya berisi tentang si Pablo.

Ini video clip “Summercat” yang juga dipakai sebagai iklan beer

Sungguh mengasyikan bukan? ūüôā

2 thoughts on “Billie The Vision & The Dancers

  1. They are brilliant indeed!
    I admit that I discovered them through you, Answer Sheet people (cie.. haha) and a thank you seems not enough. Saya blm dengerin semua sih, cuma ketika mrk ngecover Belle&Sebastian’s I’m a Cuckoo really got me hooked! ūüėČ

Leave a Reply

