Music, Review

Explosions In The Sky : Take Care, Take Care, Take Care


Take Care, Take Care, Take Care

Post – Rock ? Saya ga begitu tau soal itu, malah bisa dibilang saya suka dengerin begituan baru – baru ini. Tahu band ini gara – gara ada yang share video EITS di timeline Facebook. Ditambah lagi minggu lalu saya baca buku “Like This” (JakartaBeat.net) yang kita dapatkan gratis. EITS mungkin bukan band Post Rock pertama yang saya dengarkan (Sigur Ros yang pertama), tapi EITS lah yang mengenalkan saya. Biasanya saya tau nama band-nya dulu, urusan denger malah belakangan hehe, suka ga sempet. Ya bukan cuma ga sempet, kadang males, tapi kebanyakan lupa :p

Explosions In The Sky

Dengan musik yang Atmospheric macam ini, saya tadinya kurang percaya kalau band ini berasal dari Texas, yup Texas dimana dikenal sebagai daerah yang lumayan tandus di Amrik sana. Uniknya lagi, salah satu dari quartet ini ada yang keturunan Pakistan. Hellyeah, background itu ga terlalu penting. Yang jelas mereka ini mampu membuat musik enak tanpa vokal.

Bagi anda yang belum tahu, mereka ini ga nyanyi. Bukan berarti ga bisa nyanyi. Pikirkanlah, buat apa mereka nyanyi kalau tones yang mereka buat dapat mendeskripsikan secara jelas apa yang ingin mereka ungkapkan ? Well at least kalau saya ga ngerti arti dari musik mereka, saya masih bisa baca judulnya kok :p haha. Album terbaru mereka Take Care, Take Care, Take Care mungkin bukan yang terbaik dari mereka (hanya para pendengar lawas yang dapat memberikan komentar soal itu), tapi tentu saja album ini totally worth MUCH listen.

Diawali dengan (tentu saja bacaan basmalah bagi saya) instrumental 8 menit berjudul “Last Known Surroundings” membuat hati saya galau (lagi) tapi melayang. Seperti sesuatu yang tidak dapat dicapai kembali. Ada track dilagu itu yang berbunyi seperti jam *tick tock*, mendeskripsikan waktu akan terus berjalan dan berjalan. Breakdown ditengah dilanjutkan dengan gitar yang ber-delay dan ber-reverb ria seperti menggambarkan : kita berada ditengah dan tidak sendiri,banyak orang atau kejadian – kejadian disekitar kita.

Dan akhirnya saya mendengar suara manusia yang dominan di “Trembling Hands”. O O O O O O O. Hanya 3 menit, cukup membuat anda bangun dari tidur anda dan take a look around, see what’s exactly goin on. It’s like world goin to crash,till you hands tremblin? i dunno. Itulah gambaran menurut saya *waton*

Yang bosan menyanyi sama lagu biasa, coba nyanyikan lagu mereka. Sing along!!

Leave a Reply

