Uncategorized

Summer is Over


Sabtu kemarin saya memang ngencrung di Gunung, lebih tepatnya di Villa Van Rezink (Resing, Resink? atau apa? Banyak versi typo nya). Bukan sama Answer Sheet, tapi sama #MANAVA. Oh ini project bukan sembarang project, jek. Satu Gitar, satu Ukulele dan tiga lagi lokal nge-heits yang syahdu nan asoy. Salah satunya Suvenir Abad Batu oleh Tripping Junkie, favourite ane.

Selain Manava tentunya ada band – band yang (jauh lebih) renyah : Musim Penghujan, Untitled Joy, Summer in Vienna, Kaveh Kannes, Lazy Room, Kapsul, Angina, Sri Plecit, Perfect Blondies, Lampukota, Talking Coasty dan Strawberry’s Pop. Di acara ini kedatangan juga 2 band dari Bandung yaitu Taman Kota & Pagi Mentari

This post is gonna nyenggol lil bit review tentang 4 band yang saya anggap asik malam itu. Sebenernya ga hanya 4, cuma kebetulan kamera HP saya cuma bisa menangkap 4 gambar itu (doh). Here we go

Strawberry’s Pop

Strawberry's Pop

Heavy Metal versi Britpop yang sudah menggila sejak tahun 1998. Strawberry’s Pop salah satu dedengkot Common People yang lahir dari era awal – awal CP berdiri. Kemarin kami semua disuguhkan dengan tembang – tembang Blur, Charmless Man, Country House dan yang paling klimaks : Song2. ‘WOOOHOOO!!! WHEN I FEEL HEAVY METAL WOOHHOOO!!’. Kira – kira seperti itu bunyinya. Tak lupa lagu orisinil buatan mereka yang tak kalah seru. Sayangnya saya lupa judulnya. *deshh*

Talking Coasty

Talking Coasty

Sudah 3 kali, bahkan mungkin 4 kali saya nonton Talking Coasty. Tidak bisa dipungkiri kalau mbak dan mas – mas ini mengenalkan saya sama Best Coast, band Surf Pop Amrik yang jadi main influence mereka. Well, since their first gig di acara Kill Your Fuckin’ Idol oleh Sangkar Burung (CMIIW kalo misal ini bukan 1st gig mereka ya) sampai Summer Is Over kemarin, bukan maksud sok-guru tapi pandangan awam saya bilang : mereka Improve-A-Lot.

Sebelum Sangkar Burung memang ada desas – desus ‘Tiruan Best Coast’ dan bakal ada revival Surf Act di Jogja pasca Southern Beach Terror yang membawa Surf versi rocknya. Saya datang ke Gigs itu dengan referensi Surf Rock ala Dick Dale, saya cuma batin “Apa ini surf? Err.. okay”. Mereka bawa lagu – lagu Best Coast waktu itu, saya belum pernah denger, pulang dari gigs saya download Best Coast : “Oke, ini agak beda sama yang tadi”. Istilah itu benar – benar sirna ketika di Summer is Over, saya bilang “OH SHIT, THIS IS A FUCKIN SURF”. Yes, mesin ini bakal menjadi besar someday. Saya tidak bisa dan tidak boleh berharap, hanya bisa yakin. Lagu orisinil mereka juga seru, coba dengarkan di Soundcloudnyaah.

Pagi Mentari

Pagi Mentari

Inilah Pagi Mentari. Sesuai dengan namanya, musik mereka dapat membawa susasana seperti saat kita semangat menerjang pagi untuk masa depan yang cerah. Sayangnya sound kemarin mungkin kurang mendukung, seperti bagian lead gitar yang settinganya kurang klob di ampli. Maaf ya mas kemarin knob ampli saya ubah” malah drivenya terlalu gede, ga tembus soalnya hehehe *peace*. I won’t say much about them karena saya memang ga begitu tahu hehe. Yang jelas kalian bisa langsung denger dan unduh lagu mereka di Page FB mereka here

Tamankota

Tamankota

Jangly Act Bandung ini memang impressive. Secara pandangan awam saya langsung suka. Terlebih lagi karena double tambourine yang cocok dimainkan oleh sang vokalis dan satu pemain additional yang di khususkan untuk menghandle tambourine ke-2 sambil berdansa naik turun. Melihat drummernya yang bertopi, saya langsung teringat Reni dari The Stone Roses. Yup, memang hampir semua Indie Pop Act menjadikan The Stone Roses sebagai influence. Anda juga bisa mendengarkanya disini

_______________

Kira – kira seperti itulah Summer is Over dari Common People YK kemarin. Saya punya pengalaman dan teman baru. Saya belum pernah punya ‘kawan banyak’ yang terlepas dari bau akademis sebelumnya so, thank you.

 

Common People. Courtesy of Rendenk (Randy Surya Mukti)

 

———–

Foto – foto lain bisa dilihat di :

IRockumentary | irockumentary.com/concert/summer-is-over-at-villa-nan-renzing-kaliurang-yogyakarta/

Rendenk | http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2646794648185.2123539.1205240996&type=1

Leave a Reply

