Uncategorized

You’re In Love With A Girl Who Really Knows You Exist


Ide tulisan ini terpikirkan ketika menginjakan kaki di Jogja setelah menghadiri pernikahan kawan baik kami, Arkham dan Sarra, di Bekasi. Saya menulis ini karena mungkin kami yang di Jogja akan tidak melihat pasangan ini dalam waktu 2 tahun (paling cepat). Selain itu, dalam video testimoni pernikahan, saya dengan Sekar berbicara terlalu datar dan terkesan meaningless, (maav y mz mb hhe) karena kami kurang menyiapkan bahan apa yang harus diomongkan dalam video tersebut. Padahal banyak hal yang asik untuk dipaparkan lho.

IMG-20131218-WA0004

Semoga dengan adanya tulisan ini, kalian berdua bahagia.

How i met Arkham & Sarra

Waktu itu 26 Desember 2010. Answer Sheet mengunggah rilisan digital untuk pertama kalinya via SEA INDIE. Keesokan harinya, ada notifikasi friend request facebook dari ‘Ark Kurniadi’. Profile ini tidak seperti para alayans facebook users, jadi saya accept hehe. Setelah kepo, saya jadi tahu kalau Mas Ark ini ternyata manager band Brilliant At Breakfast, dimana waktu itu (honestly) saya ga tahu apa-apa soal Breakfast. Dengan jiwa sok kenal, sok tahu sayapun meninggalkan pesan Facebook, “Oh Mas Ark managernya Brilliant At Breakfast ya? Wah bagus itu, saya suka!”, (not yet, omg i hate to say this).

FYI, because of him and Paperplane Records (Mumu & friends), Answer Sheet’s debut album is exist (thanks to Senjahari too, muah). Because of him, saya jadi tahu keindahan Sarah Records dkk. Because of him, we got some monumental gigs. Because of him, we knows a lil bit about jogja (that has a bit) scene. I never thought that he is going to pull us this far. And i never thought that he’s going to marry her (Sarra).

Saya ingat waktu itu Sarra berada di pojok gedung Villa Van Resink di Kaliurang dalam gig Summer Is Over di tahun 2012. Ia masih malu walau akrab dengan wanita-wanita indies lainnya (ceileh indis). Walau kenal dan saling follow di Twitter, kami tidak terlalu dekat sampai akhirnya salah satu teman saya, sebut saja Bunga Kemarau (BK, Burger King) menjadi kekasihnya. Sarra jadi lebih sering ke Jogja (daripada si BK, parah), dan kalau senggang saya kadang ikut dengan mereka.

Hubungan merekapun berakhir, BK pun sering curhat ke saya. Salah satu curhatan BK adalah seperti ini:

“Sebenernya Sarra itu (pertama kali) ke Jogja karena tertarik sama Arkham.”

Setelah mereka bubar, Sarra masih sering ke Jogja. Entah ini adalah sebuah kebetulan atau tidak, tapi setiap Sarra ke Jogja pasti nonton Answer Sheet perform, mungkin hampir ga pernah absen. Bahkan Sarra juga rela jauh-jauh dari Bekasi ke Jakarta hanya untuk nonton Answer Sheet, pulang nyaris dini hari naik taksi.

Trivia (saya suka trivia gara-gara Outerbeat)

  • Arkham pernah sharing ge-galau-an dengan saya, salah satunya soal pernikahan. “Kriteria menantu dari Ibu ya yang penting harus se-iman dan berjilbab. Aku udah harus nurutin ini dan tidak ingin mengecewakan ibu”, katanya dengan sedikit tidak yakin dengan wanita berjilbab. Tapi kenyataanya sekarang, Arkham mendapatkan wanita yang seutuhnya : se-iman, berjilbab, great music taste, suka JKT48, match.
  • BK pernah bilang ke saya kalau Arkham sedang galau, ia mengambil gitar dan menyanyikan “I’m In Love With A Girl Who Doesn’t Know I Exist” dari Another Sunny Day. Entah ini benar atau tidak, tapi sepertinya cukup masuk akal :p

Terduganya Hal yang Tidak Terduga

Waktu berjalan sangat cepat, Arkham yang saya kenal perlahan berubah menjadi lebih jernih dan dewasa. Terasa sekali setelah lulus akademis dan menjadi dokter, ia benar-benar memikirkan untuk harus segera menikah. Di waktu yang bersamaan, JKT48 sedang berada di atas permukaan. Mulailah ia bertransformasi menjadi om-om yang butuh kasih sayang dedek-dedek.

Semesta bersama mereka. Dari sudut lain, Sarra datang membawa pencerahan ilmu per-idol-an untuk Arkham. Intensitas posting mereka jauh lebih banyak dari sebelumnya. Well, mostly tentang dunia idol, tetapi tak jarang juga mereka melancarkan sinyal-sinyal alien yang tidak kita semua ketahui. Saya pun tidak bisa menyimpulkan pasti bahwa mereka ada hubungan khusus …….. hingga akhirnya malam itu datang.

Saya dan Sekar sampai di sebuah cafe, Arkham sudah duduk disana. Dia sedang gundah karena selama itu dia selalu yang memulai pembicaraan dengan Sarra, sebaliknya belum pernah. Sekar-pun mengeluarkan tarot, membacanya dan memberikan saran untuknya. Beberapa detik setelah saran dibacakan, secara tidak terduga, Sarra menelpon Arkham. “Oke, sepertinya hal yang aku takutin udah selesai”, responnya menanggapi. Itu bagi saya adalah mukjizat yang datang ke Arkham.

Saya tidak terlalu kaget kalau mereka itu sedang ada hubungan, tapi kok bisa dari yang tadinya sama BK jadi sama Arkham!

(sorry BK, no offense)

The Announcement

Sesuai dengan video diatas, grup “Teman Makan Sian666” pun ramai di Whatsapp. Announcement pernikahan mereka di depan kami membuat kaget kami semua, kecuali saya dan (mungkin) Sekar. Walau tidak kaget namun kami berdua sangat bahagia dengan kabar baik ini. Ya, siapa yang tidak bahagia kalau ada teman yang menikah? Tak terkecuali BK walau dalam waktu bersamaan bersenandung “I’m In Love With A Girl Who Doesn’t Know I Exist”.

Kemudian, grup tersebut berubah menjadi “Weddin666 Committee”

The Wedding

Pasangan Baru dan Romgongan dari Jogja
Pasangan Baru dan Romgongan dari Jogja

Kami rombongan dari Jogja datang ke Bekasi jam 1 pagi. Saya dan Sekar membawa perlatan perang kami (ukulele) karena kami bertugas menjadi pengiring manten dengan lagu heits indie(a) 24/7. Ini menjadi perjalanan jauh pertama saya dengan Sekar, dan ini sungguh menyenangkan!

Keesokan harinya, saya melihat Arkham dan Sarra di atas panggung manten dalam busana merah merona yang menyejukkan mata. Sungguh bahagia rasanya, dan jika dilanjutkan saya akan menangis terharu. Untung saja, prasmanan di bagian kanan membuat saya menoleh beberapa detik, sehingga tidak jadi mengeluarkan air mata. Sungguh, pernikahan Arkham & Sarra adalah salah satu event tak terlupakan dalam hidup saya, setelah sebelumnya saya rasakan serupa di konser Deftones.

Saya dan Sekar bergegas ke dekat sound system kemudian menyanyikan beberapa lagu yang tidak umum untuk dinyanyikan dalam sebuah acara resepsi lokal seperti “Vapour Trail”, “Tram #7 To Heaven”, “Where The Good Ones Go”, ” Moon River” dsb. Kami juga menyanyikan “Strawberry V” dari Brilliant at Breakfast dan “Malas” dari Summer In Vienna” Set waktu itu tidak tentu, kadang saya nyanyi berdua, kadang saya nyanyi sendiri. Ya kami berdua main buruk dalam resepsi teman, hehe (maaf ark dan sra). Tapi setidaknya kami senang dan agak sombong dikit karena bisa memundurkan prahara resepsi pasangan muda twee-idolish, yaitu the one and only kesukaan warga Bekasi, The Songbook of Dangdut Koplo.

Kami Menyanyikan Strawberry V (foto oleh @markucal)
Kami Menyanyikan Strawberry V (foto oleh @markucal)

Salah satu lagu yang saya nyanyikan sendiri adalah “I’m In Love With A Girl Who Doesn’t Know I Exist”. Memang, ini lagu galau, dan orang yang tahu lagu ini (termasuk kedua mempelai)  akan heran ketika lagu galau ngenes dibawakan disaat yang bahagia. Lagu ini saya mainkan dengan harapan ini jadi terakhir kalinya Arkham mendengar lagu tersebut, dan sadar akhirnya satu wanita yang dia inginkan tahu kalau dia itu ada, yaitu Sarra. Selain lagu tersebut, saya sebenarnya juga ingin membawakan “Martir” dari Kapsul (tapi ga nemu lirik-nya) dan “Canada” dari The Field Mice (lagu galau dari Arkham yang ditujukan untuk saya, ketika jomblo).

Penutup

Saya, Sekar dan semuanya akan selalu mendoakan yang terbaik buat Arkham dan Sarra. Semoga kami dapat melihat Arkham Jr yang ganteng seperti ayahnya dan baik hati seperti ibunya. Terima kasih Arkham yang sudah mampir di kehidupan saya selama 3,5 tahun ini, maaf jika ada kesalahan yang saya perbuat. Terima kasih Sarra sudah merelakan waktu untuk nonton saya dan kawan-kawan, it means a lot! BK bertamu tapi tak menunggumu (HALAH). I will always remember

SRA//ARK, karya Azam Raharjo (http://www.azamraharjo.com/)
SRA//ARK, karya Azam Raharjo (http://www.azamraharjo.com/)

Leave a Reply

