Uncategorized

Tsakian Saryana Tehnix


Sebelum saya mulai khotbah kata pada posting kali ini akan saya buka dengan quote indah hasil googling

Hidup ini cair. Semesta ini bergerak. Realitas berubah.” – Dewi Lestari

Zaky dan Saya di Braga 2010
Zaky dan Saya di Braga 2010

Kira-kira kalimat itu mewakili perasaan saya ketika melihat seorang kawan mempersembahkan hasil karya akhir akademis selama 2 jam lebih. Siapa yang menyangka sosok Tsakian — Zakian dengan bahasa bamsut, guru kami dulu di SMA — sekarang bisa berbicara di depan pubic (red: publik). Walau tempo berbicara terlalu cepat, tapi berdasarkan pengamatan hal tersebut merupakan improvement besar semenjak saya terakhir lihat presentasi di bangku SMA : menjelaskan hal tidak relevan dengan volume sangat kecil, sound stage sempit. Seratus delapan puluh derajat ketika berbicara normal, dan ketika kata kotor keluar headroom semakin tinggi.

Iki piala opo ya ler?
Iki piala opo ya ler?

Kami bertemu di bangku SMA di kelas high cost – low impact bersama dengan manusia – manusia ‘gagal internasyonel’, dengan TOEFL yang katanya diatas 500 semua, namun usut punya usut rata-rata masih dibawah angka 490. Sepanjang 5 semester ia disibukkan dengan game, komik, bokep dan luckily he’s good at photography. And if there is a list called Teacher’s Enemy List, i believe he’s gonna be at first place. Bukan karena perkelahian maupun hal klise kehidupan gang SMA di Jogja, namun lebih menyakiti batin dan rohani dengan berbagai faktor x.

Contoh seperti ketika guru matematika memberi soal di papan tulis dan satu kelas harus menyelesaikannya ketika ia kembali dari rapat. Ketika semua mencoba soal itu, ia santai dengan hahahihi, dan inilah yang terjadi:

“Sudah semua? Loh Zaky kowe ngopo?”

“Iya buk nganggur, gak ada kerjaan”

Lha kuwi opo nang papan tulis! *!&^%@! ” (Itu apa di papan tulis!)

Lalu bagaimana masalah percintaan? Nol tentunya! Kala itu sayapun juga gagal, namun percayalah bahwa saya mending karena ia belum pernah pacaran. Walau banter game tapi Zaky bukan tipe ansos berdiam diri dan tidak berkata-kata. Zaky sudah 17 kali menyatakan cinta ke seorang wanita, namun GAGAL. Oh bukan ya? Maaf itu ceritanya Said “Jooooorkon” Harjuna (Zakian, 2013)

Ini tahun 2008 see his failure?

Tujuh tahun kemudian

Calon Keluarga Bahagia Siap Rabi Katanya
Calon Keluarga Bahagia Siap Rabi Katanya

SETELAH 20 TAHUN AKHIRNYA GAK JOMBLO

Pagi tadi saya lihat sidangnya full selama 2 jam. He talked way too fast, just like what i wrote before, but that’s fine. Overall bagus dan tepat sasaran, tapi yang disayangkan hanya pertanyaan dosen yang terlalu melebar hingga konteksnya menjadi ke-sosial-an. Memang penelitian yang digarapnya untuk menjawab masalah sosial, tapi pertanyaan cenderung diatas kapasitas mahasiswa sains undergraduate.  Ya yang penting lulus dan merupakan kehormatan tersendiri bisa melihat dan menemani prosesi sidang AS-Sholeh mu, zak.

Kiri Lulus, Kanan Bulus
Kiri Lulus, Kanan Bulus

Setelah melalui masa-masa kelam sepertinya Zaky semakin cerah dan bahagia. Saya yang sekarang merasa kelam remang-remang turut bahagia dan senang karena dia lulus lebih cepat diantara ‘produk gagal’ lain. Lha wong pas pertama kali tahu punya pacar — sama-sama dari kelas gagal lagi — saya bahagia, apa lagi lulus.

Pesan buatmu jek :

Tulisan ini dibuat untuk mengeksploitasi dirimu, diriku dan diri yang merasa dieksploitasi, seperti mas sed’ joooorkon. Saat berkarir pastikan kamu mengeksploitasi dirimu sendiri dan sekitarmu, niscaya perusahaan sayang kamu.

Tapi tahu gak alasan kenapa saya hanya kasih bunga via googling?  Bunga ketika selebrasi sidang adalah bentuk eksploitasi kekayaan alam yang berlebihan. Ingat, tugas pentingmu sebagai engineer adalah membuat lingkungan menjadi sustainable. Bunga adalah aset penting, sama seperti keluarga.

Maka imbangilah antara eksploitasi diri dan kepuasan diri dengan orang terdekat. Wes ngono tok kata-kata sok bijak ku.

———————————————————–

Catatan : Nek ngomongke aset, tianshi kuwi tai. Berdasarkan persamaan akuntansi kuwi bukan aset, tapi modal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s